Rancang Bangun Mesin Hammer Mill Type Multi Hammers

Fajar Nurjaman
UPT Balai Pengolahan Mineral Lampung, LIPI
Jl. Ir. Sutami Km. 15 Tanjung Bintang, Lampung Selatan – Lampung
Email : nurjaman_80@yahoo.com

Intisari

Grinding activity atau yang lebih dikenal dengan istilah penggerusan, merupakan sebuah tahap awal dari berbagai proses pengolahan, terutama pada pengolahan mineral ataupun pengolahan paska panen. Ada beberapa macam jenis mesin penggerus/milling machine, diantaranya hammer mill, ball mill, disk mill, dan lain sebagainya.
Pada penelitian ini akan dibahas mengenai rancang bangun (pembuatan) hammer mill dengan type multi hammers yang sangat cocok untuk digunakan pada industri pengolahan mineral ataupun pengolahan pasca panen dengan produk keluaran (output) berukuran mesh 10-100 (2,54 mm – 0,254 mm). Bahan yang digunakan untuk pembuatan alat ini adalah mild steel plate untuk hopper dan casing, baja tahan gesek untuk hammers serta baja profil UNP 80 (80 x 40 x 4 mm) untuk rangka alat tersebut. Alat ini terdiri dari sebuah drum berukuran 500 mm, dimana didalamnya terdapat 72 buah hammers berukuran 165 x 70 x 15 mm dimana hammers tersebut dipasang pada sebuah poros yang berputar dengan kecepatan 1450 Rpm, dimana poros ini diputar oleh motor listrik bertenaga 10 HP dengan putaran 2900 Rpm dengan menggunakan transmisi belt dan pulley.
Dari hasil percobaan mengenai unjuk kerja/kapasitas alat ini terhadap tiga jenis material/bahan yang berbeda, yaitu bijih besi, batubara dan singkong (chip) diperoleh hasil sebagai berikut, yaitu  400 Kg/jam untuk bijih besi dengan produk keluaran berukuran mesh 30-60, 500 Kg/jam untuk batubara dengan produk keluaran berukuran mesh 30-40 dan 1000 Kg/jam untuk singkong (chip) dengan produk keluaran berukuran mesh 60-80.

Kata kunci: grinding, hammer mill, hammers, pengolahan, mineral, pasca panen


Download Full Paper

0 komentar:

Posting Komentar