POTENSI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MINERAL PASIR BESI DI INDONESIA

Edi Herianto
Pusat Penelitian Metalurgi – LIPI
Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang 15314
e-mail : edih001@lipi.go.id. Hp : 0815 88 57 960

ABSTRAK
Potensi pengembangan sumber daya mineral pasir besi di Indonesia sudah waktunya untuk dilakukan, mengingat sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada cukup potensial. Disamping itu baik institusi lembaga penelitian perguruan tinggi maupun industri di Indonesia sudah banyak yang telah melakukan penelitian dasar, terapan bahkan sampai pada skala pilot. Potensi sumber daya pasir besi di Indonesia tidak perlu diragukan lagi, hampir di setiap wilayah Indonesia terdapat kandungan pasir besi, mulai dari pulau sumatera, sepajnag pantai selatan pulau jawa, termasuk di kawasan timur Indonesia. Sampai saat ini pasir besi belum di upayakan secara optimal, sebagian kecil hanya dimanfaatkan di pabrik pembuatan semen. Dengan pemanfaatan pasir besi di dalam negeri untuk industri besi dan baja paling tidak bisa berdiri empat bidang industri, yaitu industri konsentrat pasir besi, industri pengolahan bahan baku antara (spong iron, sinter, pelet atau briket tereduksi, dll), industri besi cor dan baja, industri hilir (flat & rolled products, profilled products, dll).
    Manfaat atau  dampaknya terhadap pengembangan industri pasir besi di wilayah Indonesia yaitu, membuka lapangan pekerjaan baru secara luas di setiap sentra tambang pasir besi, konsentrat pasir besi  dan industri-industri peleburan. Memberi kesempatan pada para sarjana di masing-masing wilayah untuk menerapkan ilmunya di sentra-sentra industri bersangkutan baik dari segi teknologi pengolahan, manajemen, ekonomi maupun pemasaran. Disamping pekerja berada di industri, juga membuka kesempatan pada masyarakat sekitar industri untuk berdagang makanan guna melayani para pekerja. Bagi pemerintah daerah tentunya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), sehingga pemerintah daerah dapat dengan cepat membangun daerahnya masing-masing. Bagi negara dengan adanya industri-industri pengolahan pasir besi menjadi bahan baku antara atau besi dan baja, tentunya menghemat devisa negara sehingga dana yang ada dapat digunakan untuk membangun bangsa secara merata, demi kepetingan rakyat, tentunya dengan adanya industri-industri pengolahan pasir besi ini akan memacu industri-industri baru dalam pengolahan pertambangan baik pengembangan untuk mineral industri maupun mineral logam yang lainnya.

KATA KUNCI : Potensi sumber daya mineral, pasir besi, konsentrat, bahan baku antara, spong iron,  pelet-briket tereduksi, sinter, besi dan baja, rotary kiln, RHF, kupola, tungkit, jalur listrik.









Download Full Paper

0 komentar:

Posting Komentar