PERENDAMAN BENIH IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy Lac.) TERHADAP KEBERHASILAN PEMBENTUKAN KELAMIN JANTAN

Sunandar, Tri Makmun Arifin, Nunik Yuliani
Jurusan Perikanan, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang

ABSTRAK
Pemenuhan kebutuhan akan konsumsi ikan gurami dan adanya permasalahan yang spesifik yaitu lambatnya pertumbuhan ikan gurami mendorong untuk melakukan riset tentang teknologi rekayasa pembentukan kelamin jantan ikan gurami dengan menggunakan hormon metiltestosteron. Tujuan praktikum ini untuk mengetahui pengaruh dosis hormon metiltestosteron dan lama perendaman benih ikan gurami terhadap keberhasilan pembentukan kelamin jantan ikan gurami, untuk mengetahui dosis hormon metiltestosteron dan lama perendaman benih ikan gurami yang optimal dan kelulushidupan (survival rate) benih ikan gurami yang terbaik. Metode praktikum yang digunakan adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan 12 perlakuan meliputi, faktor 1 (dosis hormon metiltestosteron 0 mg/l, 2.5 mg/l, 5 mg/l, 7.5 mg/l) dan faktor 2 (lama perendaman 3 jam, 6 jam dan 9 jam) dengan 3 ulangan blok.
Analisa data menggunakan ANAVA dan uji BNT sedangkan untuk mengetahui dosis optimal menggunakan analisa regresi. Hasil praktikum ini menunjukkan dosis 4.906 mg/l merupakan perlakuan dosis yang optimal dalam menghasilkan 66.986% ikan gurami jantan dan 30.267% ikan gurami betina, sedangkan lama perendaman tidak bedanyata antar perlakuan, maka lama perendaman optimum yang memiliki waktu lebih singkat yaitu lama perendaman 3 jam. Pengaruh dosis hormon metiltestosteron dan lama perendaman tidak ada pengaruhnya terhadap kelulushidupan benih ikan gurami. Kesimpulan dalam praktikum ini adalah pemberian dosis hormon metiltestosteron pada ikan gurami berpengaruh sangat nyata terhadap keberhasilan pembentukan kelamin jantan, sedangkan perlakuan lama perendaman tidak berpengaruh. Dosis optimal dalam pembentukan kelamin jantan ikan gurami adalah 4.906 mg/l. Pengaruh hormon metiltestosteron dan lama perendaman benih ikan gurami selama perendaman dan selama pemeliharaan tidak berpengaruh terhadap kelulushidupan benih ikan gurami.

Kata kunci: Kelamin jantan, metiltestosteron, perendaman

Download Full Paper

1 komentar:

Unknown mengatakan...

PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

menyediakan Methyl Testosteron 100 mg untuk kebutuhan penelitian, laboratorium, mandiri, dan perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111
atau kunjungi juga blog kami di hormontumbuhan.blogspot.com

Posting Komentar