KOMPOSIT PASIR BESI SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN BESI DAN BAJA

Dedy Sufiandi dan Edi Herianto
Pusat Penelitian Metalurgi – LIPI
Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang 15314
e-mail : edih001@lipi.go.id. Hp : 0815 88 57 960


ABSTRAK
Penelitian dibidang metalurgi terutama pemanfaatan bahan baku lokal baik bijih konvensional, pasir besi maupun besi laterit akhir-akhir ini berkembang cukup pesat bagaikan jamur tumbuh dimusim hujan. Hal ini banyak ditunjukan dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan baik oleh lembaga penelitian, perguruan tinggi maupun pihak industri, melalui seminar-seminar yang banyak diadakan di dalam negeri. Tentunya langkah ini menunjukan hal yang sangat positip untuk cepat terwujudnya aplikasi pengembangan industri besi dan baja berbasis bahan baku lokal.
    Telah juga dilaksanakan penelitian pemisahan besi dari pasir besi Surade, Sukabumi, Jawa Barat. Langkah yang dilakukan untuk memisahkan besi dari pasir besi tersebut adalah dibuat komposit pasir besi dengan campuran batubara sebagai bahan reduktor dan digunakan bentonit untuk bahan pengikat. Komposit pasir besi dengan ukuran – 100 mesh dibuat pelet, selanjutnya dilakukan reduksi untuk memisahkan logam Fe dari oksida pengotor terutama oksida titan. Reduksi dilakukan pada temperatur  1200 OC dengan variabel bahan reduktor 15 %, 20 % dan 25 %, serta penahanan waktu 60 menit dan 1 jam. Komposit yang telah direduksi selanjutnya dilebur pada temperatur 1500 oC. Dari hasil peleburan menunjukan besi yang dihasilkan tidak begitu maksimal atau recovery logam besi nya masih belum maksimal, untuk recovery besi tertinggi diperoleh sebesarr 85 % dicapai dengan bahan reduktor 25 % dan penahanan waktu reduksi 60 menit. Hasil ini dihitung  dari analisa slag yang masih  mengandung besi sekitar 15 %. Hal ini ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi antara lain, metalisasi logam besi yang belum sempurna (rendah) atau recovery logam besi dari slag yang masih rendah, kondisi ini dapat disebabkan oleh temperatur peleburan yang kurang tinggi atau waktu peleburan yang kurang lama. Sehingga penelitian ini ada baiknya untuk peleburan komposit yang telah direduksi digunakan Arc furnace, menginggat di laboratorium Pusat penelitian Metalurgi tidak memiliki tungku Arc Furnace.

KATA KUNCI : Komposit, pasir besi, pelet, surade, Sukabumi, reduksi, peleburan, besi dan baja

Download Full Paper

2 komentar:

Beyond-steel Indonesia mengatakan...

Beyond-steel Indonesia | steel Industry specialist
Jual Plat Kapal
Jual Besi Hollow Tower

dll

Tommy mengatakan...

Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management

OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical
Hand sanitizer
Evaporator

Posting Komentar