EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SOLFEGIO UNTUK PEMBELAJARAN KETRAMPILAN BERMAIN MUSIK DI SEKOLAH DASAR

Mochamad Usman Wafa, Ferry Bayu Arianto, Bagasworo D.S.
Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Semarang

ABSTRAK
Pada umumnya proses pembelajaran musik di Sekolah Dasar belum disertai penerapan metode yang tepat. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini secara khusus akan mengujicobakan metode solfegio pada pembelajaran praktek instrumen musik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 01 Sekaran Gunungpati Semarang. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang didukung dengan strategi pencarian data yang meliputi: (1) observasi partisipatif, (2) dokumentasi, dan (3) angket. Analisis yang diperlukan adalah teknik deskriptif dengan prosentase. Berdasarkan data penelitian diperoleh informasi bahwa metode solfegio dapat meningkatkan efektivitas, keaktifan, efisiensi dan keterlibatan siswa sehingga dapat mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran ketrampilan bermain musik (ansembel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan metode solfegio hanya 10% siswa yang mampu belajar musik Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode solfegio sight reading terdapat peningkatan kualitas dalam penguasaan musik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rincian data berikut: 31% siswa menguasai materi belajar dengan tingkat sangat baik, 43% siswa menguasai materi belajar dengan tingkat baik, 26% siswa menguasai materi belajar dengan tingkat sedang. Ketika diujicobakan metode solfegio ear training. Dari hasil observasi penampilan bermain musik, hasilnya adalah 20% siswa menguasai materi belajar dengan tingkat sangat baik, 46% siswa menguasai materi belajar dengan tingkat baik, 34% siswa menguasai materi belajar dengan tingkat sedang. Berkaitan dengan hal tersebut, maka disarankan agar guru musik mnenerapkan metode solfegio dalam setiap kegiatan belajar mengajar ketrampilan bermain musik disetiap kelas, sesuai keragaman materi seni yang diajarkan di Sekolah Dasar.

Kata kunci: metode solfegio (Sight Reading dan Ear training), ketrampilan musik

Download Full Paper

1 komentar:

uii profile mengatakan...

saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
terimakasih ya infonya :)

Posting Komentar